Senin, 29 Desember 2008

HUKUM SAKRAL DAN HUKUM SEKULER - Studi tentang Konflik dan Resolusi dlm Sistem Hukum Indonesia karya Ratno Lukito

Free Download Ebook

"HUKUM SAKRAL DAN HUKUM SEKULER - Studi tentang Konflik dan Resolusi dlm Sistem Hukum Indonesia -" karya "Ratno Lukito" Selain hukum positif, di Indonesia juga berlaku hukum adat dan hukum Islam. Pada masa kolonial Belanda, kedua model hukum ini bahkan pernah mapan sebagai tata atur yg dipedomani masyarakat. Ketika akhirpemerintah Hindia Belanda menerapkan sistem hukum mereka, kedua pola hukum ini tak lantas lenyap. Bahkan hingga kini, hukum adat dan hukum Islam terus melakukan persinggungan dgn negara sebagai upaya mengambil peran seimbang dgn hukum positif .

Buku ini menganalisis dua aspek pluralisme hukum di Indonesia: wilayah politik pluralisme hukum; dan wilayah "konflik" pluralisme hukum. Secara umum, analisis didasarkan pada kebijakan negara atas pluralitas hukum yg tecermin pada strategi hukum dan politik dlm menghadapi isu hukum tak resmi, serta berbagai konflik yg muncul dari interaksi antara hukum tak resmi dan hukum positif.

Berbeda dari lazimkajian hukum yg kaku dan kering, buku ini ditulis dgn sangat cair dan menarik, serta kaya dgn analisis sosiologis, antropologis, dan politik. Membaca buku ini akan sangat membantu memahami persoalan hukum di Indonesia.

KUTIPAN PUJIAN:

"Sampai sekarang, di negara kita masih berlangsung tolak-tarik wacana dan agenda legislasi utk membangun sistem hukum nasional khas Indonesia. Dihasilkan dari riset mendalam yg kemudian disajikan dgn gamblang tetapi tetap dgn analisis yg cermat dan komprehensif, karya Saudara Ratno Lukito ini tentu dpt memberi kontribusi bagi dinamika pergulatan utk membangun sistem itu. "

—Prof. Dr. Moh. Mahfud MD

"Tak banyak yg membahas sedetail ini ihwal hubungan hukum adat, hukum Islam, dan hukum positif dlm sistem hukum Indonesia sejak era kolonial. Karena itu, penulispatut diapresiasi atas karya yg luar biasa ini. "

—Drs. Wahyu Widiana, MA

TENTANG PENULIS:

Ratno Lukito lahir di Jogja, 22 Maret 1968. Pada 2006, ia menyelesaikan studi doktorpada Department of Comparative Law, Faculty of Law, McGill University, Montreal, Canada, setelah beberapa tahun sebelumberhasil menuntaskan studi masterdi universitas yg sama dlm bidang Islamic Studies. Alumnus Fakultas Syariah, IAIN Sunan Kalijaga, Jogja, tahun 1992 itu kini menjadi pengajar pada program pascasarjana di bebeberapa universitas di Jogja, selain menjadi dosen tetap di almamater, Fakultas Syariah, UIN Sunan Kalijaga, Jogja.

Tak hamengajar, dia juga menekuni kegiatan penelitian dan menulis pada beberapa jurnal internasional dan nasional serta beberapa surat kabar di tanah air. Tulisanyg paling akhir tentang pluralisme hukum di Indonesia, berjudul "The Enigma of National Law in Indonesia: the Supreme Court's Decisions on Gender-Neutral Inheritance" telah diterbitkan dlm International Journal of Legal Pluralism and Unofficial Law 52 : 147-167, University of Birmingham, Inggris. Sementara tulisanyg lain, "Trapped Between Legal Unification and Pluralism: the Case of the Supreme Court's Decision on Interfaith Marriage," saat ini dlm proses akhir penerbitan oleh the Institute of Southeast Asian Studies , Singapura, dlm buku tentang polemik perkawinan beda agama di Asia Tenggara. Belasan artikel ilmiahyg lain telah terbit dlm jurnal Indonesia dan luar negeri seperti Studia Islamika, Al-Jamiah, Jentera, Musawa, McGill Journal of Middle Eastern Studies, Journal of Islamic Law and Culture, dan lain-lain. Selain itu, bapak dua anak ini juga baru saja menyelesaikan penerbitan dua bukuyg lain, yaitu: Tradisi Hukum Indonesia, dan Hukum Islam dan Realitas Sosial. Saat ini, dia sedang menulis tentang polemik teori dan metode ilmu perbandingan hukum.

Di samping mengajar dan menulis, Ratno Lukito saat ini menjabat sebagai sekretaris Program Doktor Konsorsium Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Jogja, selain juga menjadi dosen tamu di School of Humanities and Languages, University of Western Sydney, Australia. Dia tinggal di Warungboto UH IV No. 744 Jogja, dan dpt dihubungi pada nomor 081392511733.

DATA BUKU:

Judul : HUKUM SAKRAL DAN HUKUM SEKULER

Penulis : Ratno Lukito

Penerjemah : Inyiak Ridwan Muzir

Editor : Muhammad Syukri

Ukuran : 15,5 x 23 cm

Tebal : 570 halaman

ISBN : 978-979-3064-60-4


Resensi Buku HUKUM SAKRAL DAN HUKUM SEKULER - Studi tentang Konflik dan Resolusi dlm Sistem Hukum Indonesia - dicopy dari KutuKutuBuku. Com Jika Anda tertarik dengan buku "HUKUM SAKRAL DAN HUKUM SEKULER - STUDI TENTANG KONFLIK DAN RESOLUSI DALAM SISTEM HUKUM INDONESIA -" silakan membeli di toko buku resmi terdekat

HARGA Rp. 89. 000,-
Pengarang "Ratno Lukito"