Selasa, 22 September 2009

Warisan Kuliner Keraton Jogja karya Nuraida Joyokusumo

Free Download Ebook

"Warisan Kuliner Keraton Jogja" karya "Nuraida Joyokusumo" Indonesia adl negeri yg sangat kaya akan warisan seni budaya dan tradisi. Jumlahsungguh tak terkira, jenissangat beragam. Salah satuadalah seni tradisi di dlm Keraton Jawa yg tak ternilai harganya. Sebagai pusat kebudayaan Jawa, Keraton-keraton yg ada di Jogja maupun Surakarta memang menyimpan begitu banyak warisan berharga. Di antaraadalah seni kuliner dan tradisi bujana para raja, yg sayangbelum banyak didokumentasikan maupun dipublikasikan.

Buku ini merpkan salah satu wujud usaha pelestarian seni tradisi kuliner Keraton, khususdi dlm Keraton Jogja. Di dlm tersingkap rahasia kuliner Keraton yg istimewa berupa resep-resep aneka hidangan yg biasa disantap dan menjadi favorit Sri Sultan Hamengku Buwono VI hingga IX semasa hidup mereka.

Aneka hidangan ini memiliki cita rasa Jawa yg kental, sekaligus mendapat pengaruh Barat, Melayu hingga Oriental. Meskipun merpkan hidangan yg biasa disajikan bagi para raja di masa lalu namun cita rasa mereka sangat membumi dan layak dihidangkan bagi masyarakat modern saat ini.

Penyusun buku ini merpkan menantu Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Selama bertahun-tahun dikumpulkanresep-resep yg disimpan dlm ingatan para abdi dalem dan diturunkan secara lisan. Tentu saja ingatan manusia sangat terbatas dan tradisi lisan memiliki kelemahan. Oleh karena itu sang penyusun kemudian mencoba menulis kembali resep-resep tersebut dan membukukannya.

Buku ini diharapkan dpt menjadi jembatan yg akan membantu kita mengenal seni kuliner Keraton yg merpkan bagian dari kekayaan budaya Nusantara yg adiluhung. Dari resep-resep hidangan yg disajikan bagi para raja ini, kita pun akan mendapat gambaran selera maupun sifat dari pribadi-pribadi agung yg menjadi sentra pemerintahan Jogja di masa lalu.


Resensi Buku Warisan Kuliner Keraton Jogja dicopy dari KutuKutuBuku. Com Jika Anda tertarik dengan buku "WARISAN KULINER KERATON Jogja" silakan membeli di toko buku resmi terdekat

HARGA Rp. 55. 000,-
Pengarang "Nuraida Joyokusumo"