Rabu, 26 November 2008

TRAGEDI NADRA karya ISA KAMARI

Free Download Ebook

"TRAGEDI NADRA" karya "ISA KAMARI" Peristiwa berdarah, tragedi antarbangsa yg mengatasnamakan agama itu terjadi pada 11-13 Desember 1950 di Singapura dlm bentuk kerusuhan dahsyat. 18 orang terbunuh, 173 orang luka parah. Pemicuadalah Nadra. Gadis 13 tahun yg diperebutkan hak asuhini menjadi isu internasional, bahkan sampai saat ini.

Nadra, bernama asli Maria Hertogh, adl gadis Belanda. Ibu, Adeline, yg tak mampu membiayaisaat dia berusia lima tahun, memberikankepada Aminah, perempuan Melayu yg banyak membantu keluarga mereka dan tak bisa memiliki anak sendiri. Bahkan, Adeline telah mengizinkan Maria diasuh secara Islam.

Tumbuhlah Maria sebagai Nadra, gadis yg meski berparas Eropa, memiliki sifat dan kebiasaan seorang muslimah Melayu. Dia memiliki kehidupan yg tenang dan bahagia ketika orangtua kandungmencari, ingin mengklaim hak asuh ataskembali. Saat itu, di usia tiga belas tahun, Nadra yg baru saja menikah dgn pria pujaan hati, diperebutkan. Sidang demi sidang di pengadilan Singapura memicu banyak pihak bersimpati. Tragedi dua keluarga menjadi tragedi bangsa yg membawa nama budaya dan agama. Siapakah yg sebenarnyaberhak dan lebih mencintai Nadra, ibu kandungataukah ibu angkatnya?

"Kekuatan agama, harga diri bangsa, dan semangat kemerdekaan menjadi latar, yg mencengkeram jiwa, dlm kisah Nadra. Ditambah pula, pertarungan di persidangan, yg berusaha memisahkan Nadra dgn suami dan ibu angkatnya. Peristiwa yg terjadi setelah masa Perang Dunia II di Singapura ini telah dilukiskan dgn sangat halus dan hidup oleh penulis. Seolah-olah, kita berada dlm cerita dan ikut merasakan perasaan orang-orang yg menyayangi Nadra. "

—Prof. Dr. Nik Abdul Aziz, Universitas Kebangsaan Malaysia.

"Rasakanlah halusjiwa Nadra dan kasih sayang orangtua kandung, yg akhirmembawa luka. Sudah harus, nilai agama dan nilai bangsa tdk boleh dijualbelikan. "

—Aie, Novelis Grafis Malaysia.

"Sebuah pertarungan budaya dan agama yg kesanmasih terasa hingga saat ini. Meskipun sudah berlalu dlm beberapa dekade, kisah Nadra tetap terpahat rapi dlm lipatan sejarah bangsa. "

—Prof. Madya Nor Anita M. M Nordin, Pemenang Hadiah Bahasa Malaysia.

"Novel sejarah Atas Nama Cinta karya Isa Kamari ini akan membuka dan mendobrak pikiran kita semua akan arti cinta, pengorbanan, dan kemanusiaan yg sejati. Atas Nama Cinta berusaha menjadi novel simbol genre sejarah dlm dunia sastra Melayu. "

—Razak Ismail, sastrawan Singapura.

"Kali ini, dgn lahirnovel Atas Nama Cinta, sy membayangkansebagai sebuah pembulatan tekad dari seorang sastrawan, yg telah membuktikan kedudukansebagai novelis sejati. "

—Roslie Sidik, cerpenis Singapura.

"Kisah Nadra telah disampaikan dgn bahasa yg halus dan jelas. Bahasamembuai jiwa dgn rasa sedih dan kesal. Semoga bangsa Melayu di seluruh Nusantara dpt mengambil pelajaran darinya…. "

—Yang Berbahagia, Haji Zakarrya Adam, Sekretaris Negara Kementerian Agama dan Kepercayaan Kamboja.


Resensi Buku TRAGEDI NADRA dicopy dari KutuKutuBuku. Com Jika Anda tertarik dengan buku "TRAGEDI NADRA" silakan membeli di toko buku resmi terdekat

HARGA Rp. 34. 400,-
Pengarang "ISA KAMARI"