Senin, 12 Januari 2009

Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer

Free Download Ebook

"Bumi Manusia" karya "Pramoedya Ananta Toer" Roman Tetralogi Buru mengambil latar belakang dan cikal bakal nation Indonesia di awal abad ke-20. Dgn membacawaktu kita dibalikkan sedemikian rupa dan hidup di era membibitpergerakan nasional mula-mula, juga pertautan rasa, kegamangan jiwa, percintaan, dan pertarungan kekuatan anonim para srikandi yg mengawal penyemaian bangunan nasional yg kemudian kelak melahirkan Indonesia modern.

Roman bagian pertama; Bumi Manusia, sebagai periode penyemaian dan kegelisahan dimana Minke sebagai aktor sekaligus kreator adl manusia berdarah priyayi yg semampu mungkin keluar dari kepompong kejawaanmenuju manusia yg bebas dan merdeka, di sudut lain membelah jiwa ke-Eropa-an yg menjadi simbol dan kiblat dari ketinggian pengetahuan dan peradaban.

Pram menggambarkan sebuah adegan antara Minke dgn ayahyg sangat sentimentil: Aku mengangkat sembah sebagaimana biasa aku lihat dilakukan punggawa terhadap kakekku dan nenekku dan orangtuaku, waktu lebaran. Dan yg sekarang tak juga kuturunkan sebelum Bupati itu duduk enak di tempatnya. Dalam mengangkat sembah serasa hilang seluruh ilmu dan pengetahuan yg kupelajari tahun demi tahun belakangan ini. Hilang indahdunia sebagaimana dijanjikan oleh kemajuan ilmu . Sembah pengagungan pada leluhur dan pembesar melalui perendahan dan penghinaan diri! Sampai sedatar tanah kalau mungkin! Uh, anak-cucuku tak kurelakan menjalani kehinaan ini.

"Kita kalah, Ma," bisikku.

"Kita telah melawan, Nak, Nyo, sebaik-baik, sehormat-hormatnya. "


Resensi Buku Bumi Manusia dicopy dari KutuKutuBuku. Com Jika Anda tertarik dengan buku "BUMI MANUSIA" silakan membeli di toko buku resmi terdekat

HARGA Rp. 70. 000,-
Pengarang "Pramoedya Ananta Toer"